Thursday 27 September 2018

RPP UNTUK GURU TK



RENCANA  PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK-KANAK


 
Semester/Minggu ke/Hari ke              : I/1/1
Hari / Tanggal                                     :…………………………………………...
Kelompok Usia                                   : A
Tema/sub tema                                   : Diriku / Identitas Diri (Nama)
KD                                                       : 1.1 -1.2-2.8-3.1-4.1-3.3-4.3-3.12-4.12
Materi                                                  :-    Aku ciptaan Tuhan
-       Menyayangi diri Sendiri
-       Berani tampil di depan umum
-       Mengurus diri  sendiri
-       Menyayangi lagu aku
-       Fungsi Identitas diri
-       Menggerakan jari-jari tangan
Kegiatan Main                                     :     Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan Bahan                                   : -  Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
-       Kertas, kartu nama, pensil
-       Kertas gambar, Krayon, Plastisin
Karakter                                              : Religius, Mandiri
Proses Kegiatan
A.   PEMBUKAAN :
1.    Penerapan SOP pembukaan
2.    Menyanyi lagu Aku
3.    Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.    Mengamati  seorang anak
5.    Berdiskusi tentang identitas anak yang ada di depan
6.    Berdiskusi cara menyangi diri sendiri
7.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B.   INTI
1.    Mewarnai gambar anak laki-laki/perempuan
2.    Menghitung teman yang laki-laki dan perempuan
3.    Menyebutkan nama panggilannya
4.    Membuat garis datar
C.   RECALLING
1.    Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.    Diskusi tentang  perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.    Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.    Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.    Penguatan pengetahun yang didapat anak

D.   Penutup
1.    Menanyakan perasaannya selam hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E.    RENCANA PENILAIAN
1.    Sikap
a.    Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.    Menggunakan kosakata sopan pada saat bertanya
2.    Pengetahuan  dan keterampilan
a.    Menunjukkan diri anak
b.    Menyebutkan  identitas diri
c.    Dapat menyayangi dirinya sendiri
d.    Dapat mewarnai gambar dengan rapi
e.    Dapat menghitung teman sesuai jenis kelamin
f.     Dapat membuat  garis datar dengan rapi



Tasikmalaya,.......................2017

Mengetahui ;
Kepala TK,
Guru Pendamping
Guru Kelompok A




…………………………



















RENCANA  PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK-KANAK.........


 
Semester/Minggu ke/Hari ke              : I/1/3
Hari / Tanggal                                     :…………………………………………...
Kelompok Usia                                   : A
Tema/sub tema                                   : Diriku / Identitas Diri (Mengurus diri sendiri)
KD                                                       : 1.1 -2.1-2.5-3.2-4.2-3.3-4.3-3.12-4.12-3.14-4.13.
Materi                                                  :-   Aku ciptaan Tuhan
-       Menyayangi diri Sendiri
-       Berani tampil di depan umum
-       Mengurus diri  sendiri
-       Menyayangi lagu aku
-       Fungsi Identitas diri
-       Menggerakan jari-jari tangan
Kegiatan Main                                     :     Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan Bahan                                   : -  Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
-       Kertas, kartu nama, pensil
-       Kertas gambar, Krayon, Plastisin
Karakter                                              : Religius, Mandiri
Proses Kegiatan
A.   PEMBUKAAN :
1.    Penerapan SOP pembukaan
2.    Menyanyi lagu Mandiri
3.    Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.    Berdiskusi tentang menjaga kebersihan diri
5.    Berdiskusi memberi dan meminta maaf
6.    Berdiskusi tentang hobyku
7.    Mengenalkan  kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B.   INTI
1.    Bercerita tentang cara  mengurus diri sendiri
2.    Menggunting gambar mainan kesukaan
3.    Membuat urutan bilangan pada gambar mainan kesukaan
4.    Membiasakan anak memberi dan membalas salam yang baik
C.   RECALLING
1.    Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.    Diskusi tentang  perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.    Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.    Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.    Penguatan pengetahun yang didapat anak

D.   Penutup
1.    Menanyakan perasaannya selam hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan


E.    RENCANA PENILAIAN
1.    Sikap
a.    Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.    Menggunakan  kata sopan pada saat bertanya
2.    Pengetahuan  dan keterampilan
a.    Berani tampil di depan temannya
b.    Dapat menyebutkan indentitas diri dengan lengkap
c.    Dapat memberi dan meminta maaf yang baik
d.    Dapat menggunting gambar dengan rapi
e.    Dapat menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar
f.     Dapat membuat urutan bilangan dengan benar



Tasikmalaya,.......................2017

Mengetahui ;
Kepala TK,
Guru Pendamping
Guru Kelompok A




…………………………






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Kelompok                                            : A
Semester/Minggu ke                          : 1/1
Tema/Sub Tema/Sub-sub Tema        : Bahasa Sunda
Hari/Tanggal                                       : Kamis,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT/BAHAN
ALAT PENILAIAN
KD
HASIL PENILAIAN
*1
*2
*3
*4
*5
SOP Penyambutan Anak
SOP penyambutan Anak







I.    Pembukaan








SOP Pembukaan
SOP pembukaan

132





Menceritakan pengalaman sendiri
Guru dan Anak
Percakapan






Bermain Petak umpet
Anak
Unjuk Kerja






II.   Inti








a.    Mengamati








b.    Menanyakan








Anak didorong untuk bertanya tentang objek yang diamati dan untuk menjawab pertanyaan  itu, guru mendorong anak lain untuk menjawabnya








c.    Mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan








Guru merespon pertanyaan anak dengan melengkapi jawabannya








Guru menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak pada hari ini








SOP Pengelolaan  Proses Belajar








Kegiatan 1 : Mendengarkan cerita sederhana
Buku cerita
Percakapan
122





Kegiatan 2 : Menyebutkan nama sendiri, jenis kelamin, nama orang tua
Anak
Percakapan
131





Kegiatan 3 : Menyanyikan lagu kawih sunda
Guru dan Anak
Percakapan






III. Istirahat








SOP makan bersama, bermain, SOP toileting








IV. Penutupan








Bercakap-cakap tentang kegiatan hari ini
Guru dan Anak
Percakapan








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Kelompok                                            : A
Semester/Minggu ke                          : 1/1
Tema/Sub Tema/Sub-sub Tema        : PAI
Hari/Tanggal                                       : Jum`at,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT/BAHAN
ALAT PENILAIAN
KD
HASIL PENILAIAN
KET
*1
*2
*3
*4
*5
SOP Penyambutan Anak
SOP penyambutan anak








I.    Pembukaan









SOP Pembukaan
SOP pembukaan








Membiasakan diri mengucap salam
Guru dan Anak








II.   Inti









a.    Mengamati









Anak mengamati









b.    Menanyakan









Anak didorong untuk bertanya tentang objek yang diamati dan untuk menjawab pertanyaan itu, guru mendorong anak lain untuk menjawabnya









c.    Mengumpulan informasi, menalar dan mengkomunikasikan









Guru merespon pertanyaan anak dengan melengkapi jawabannya









Guru menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak pada hari ini









SOP Pengelolaan  Proses Belajar









Kegiatan 1 : Mengenal adab makan dan minum
Guru dan Anak
Penugasan







Kegiatan 2 : Menirukan huruf Hijaiyah
LKA, Pensil
Penugasan







Kegiatan 3 : -









III. Istirahat









SOP makan bersama, bermain, SOP toileting









IV. Penutupan









Bercakap-cakap tentang kegiatan hari ini
Guru dan Anak








SOP Recalling, SOP Penutup












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Kelompok                                            : A
Semester/Minggu ke                          : 1/1
Tema/Sub Tema/Sub-sub Tema        : Puncak Tema (Menempelkan fhoto dan nama anak)
Hari/Tanggal                                       : Sabtu,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT/BAHAN
ALAT PENILAIAN
KD
HASIL PENILAIAN
KET
*1
*2
*3
*4
*5
SOP Penyambutan Anak
SOP penyambutan anak








I.    Pembukaan









SOP Pembukaan
SOP pembukaan








Bercakap-cakap tentang Kegiatan pagi hari
Guru dan Anak
Percakapan







Senam ria anak Indonesia
Tape recorder
Unjuk kerja







II.   Inti









a.    Mengamati









Anak mengamati fhoto sendiri
fhoto








b.    Menanya









Anak didorong untuk bertanya tentang objek yang diamati dan untuk menjawab pertanyaan itu, guru mendorong anak lain untuk menjawabnya









c.    Mengumpulan informasi, menalar dan mengkomunikasikan









Guru merespon pertanyaan anak dengan melengkapi jawabannya









Guru menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak pada hari ini









SOP Pengelolaan  Proses Belajar









Kegiatan 1 : Menempelkan fhoto anak
Fhoto, lem
Penugasan







Kegiatan 2 : Menuliskan nama anak sendiri
Alat tulis
Penugasan







Kegiatan 3 : -









III. Istirahat









SOP makan bersama, bermain, SOP toileting









IV. Penutupan









Melakukan opsih diruang kelas
Guru dan Anak
Unjuk Kerja







SOP Recalling, SOP Penutup












No comments:

Post a Comment

contoh surat jual beli tanah

SURAT JUAL BELI MUTLAK TANAH SAWAH Yang bertanda tangan di bawah ini masing-masing bernama Odah, tempat di kampung  ......... Rt 02...