RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK-KANAK
Semester/Minggu ke/Hari ke : I/1/1
Hari / Tanggal :…………………………………………...
Kelompok Usia : A
Tema/sub tema : Diriku / Identitas Diri (Nama)
KD : 1.1 -1.2-2.8-3.1-4.1-3.3-4.3-3.12-4.12
Materi :-
Aku
ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri Sendiri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mengurus
diri sendiri
-
Menyayangi
lagu aku
-
Fungsi
Identitas diri
-
Menggerakan
jari-jari tangan
Kegiatan Main : Kelompok
dengan kegiatan pengaman
Alat dan Bahan : - Gambar
anak laki-laki dan anak perempuan
-
Kertas,
kartu nama, pensil
-
Kertas gambar, Krayon, Plastisin
Karakter : Religius, Mandiri
Proses
Kegiatan
A. PEMBUKAAN
:
1.
Penerapan
SOP pembukaan
2.
Menyanyi
lagu Aku
3.
Berdiskusi
tentang aku ciptaan Tuhan
4.
Mengamati seorang anak
5.
Berdiskusi
tentang identitas anak yang ada di depan
6.
Berdiskusi
cara menyangi diri sendiri
7.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.
Mewarnai
gambar anak laki-laki/perempuan
2.
Menghitung
teman yang laki-laki dan perempuan
3.
Menyebutkan
nama panggilannya
4.
Membuat
garis datar
C. RECALLING
1.
Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan
kegiatan bermain
3.
Bila
ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan
pengetahun yang didapat anak
D. Penutup
1.
Menanyakan
perasaannya selam hari ini
2.
Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling
disukai
3.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besuk
5.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1.
Sikap
a.
Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan
kosakata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan keterampilan
a.
Menunjukkan
diri anak
b.
Menyebutkan identitas diri
c.
Dapat
menyayangi dirinya sendiri
d.
Dapat
mewarnai gambar dengan rapi
e.
Dapat
menghitung teman sesuai jenis kelamin
f.
Dapat
membuat garis datar dengan rapi
Tasikmalaya,.......................2017
Mengetahui
;
Kepala
TK,
|
Guru
Pendamping
|
Guru
Kelompok A
…………………………
|
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK-KANAK.........
Semester/Minggu ke/Hari ke : I/1/3
Hari / Tanggal :…………………………………………...
Kelompok Usia : A
Tema/sub tema : Diriku / Identitas Diri (Mengurus diri
sendiri)
KD : 1.1 -2.1-2.5-3.2-4.2-3.3-4.3-3.12-4.12-3.14-4.13.
Materi :-
Aku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri Sendiri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mengurus
diri sendiri
-
Menyayangi
lagu aku
-
Fungsi
Identitas diri
-
Menggerakan
jari-jari tangan
Kegiatan Main : Kelompok
dengan kegiatan pengaman
Alat dan Bahan : - Gambar
anak laki-laki dan anak perempuan
-
Kertas,
kartu nama, pensil
-
Kertas gambar, Krayon, Plastisin
Karakter : Religius, Mandiri
Proses
Kegiatan
A. PEMBUKAAN
:
1.
Penerapan
SOP pembukaan
2.
Menyanyi
lagu Mandiri
3.
Berdiskusi
tentang aku ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi tentang menjaga kebersihan diri
5.
Berdiskusi memberi dan meminta maaf
6.
Berdiskusi tentang hobyku
7.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.
Bercerita tentang cara
mengurus diri sendiri
2.
Menggunting gambar mainan kesukaan
3.
Membuat urutan bilangan pada gambar mainan kesukaan
4.
Membiasakan anak memberi dan membalas salam yang baik
C. RECALLING
1.
Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan
kegiatan bermain
3.
Bila
ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan
pengetahun yang didapat anak
D. Penutup
1.
Menanyakan
perasaannya selam hari ini
2.
Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling
disukai
3.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
4.
Menginformasikan
kegiatan untuk besuk
5.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1.
Sikap
a.
Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan kata
sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan keterampilan
a.
Berani tampil di depan temannya
b.
Dapat menyebutkan indentitas diri dengan lengkap
c.
Dapat memberi dan meminta maaf yang baik
d.
Dapat menggunting gambar dengan rapi
e.
Dapat menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar
f.
Dapat membuat urutan bilangan dengan benar
Tasikmalaya,.......................2017
Mengetahui
;
Kepala
TK,
|
Guru
Pendamping
|
Guru
Kelompok A
…………………………
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Kelompok :
A
Semester/Minggu ke :
1/1
Tema/Sub
Tema/Sub-sub Tema : Bahasa Sunda
Hari/Tanggal : Kamis,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALAT/BAHAN
|
ALAT PENILAIAN
|
KD
|
HASIL PENILAIAN
|
||||
*1
|
*2
|
*3
|
*4
|
*5
|
||||
SOP Penyambutan
Anak
|
SOP penyambutan Anak
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Pembukaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP Pembukaan
|
SOP pembukaan
|
|
132
|
|
|
|
|
|
Menceritakan pengalaman sendiri
|
Guru dan Anak
|
Percakapan
|
|
|
|
|
|
|
Bermain Petak umpet
|
Anak
|
Unjuk Kerja
|
|
|
|
|
|
|
II. Inti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Mengamati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menanyakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Anak didorong untuk bertanya tentang objek yang diamati
dan untuk menjawab pertanyaan itu,
guru mendorong anak lain untuk menjawabnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru merespon pertanyaan anak dengan melengkapi jawabannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan
anak pada hari ini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP
Pengelolaan Proses Belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan 1 : Mendengarkan cerita sederhana
|
Buku cerita
|
Percakapan
|
122
|
|
|
|
|
|
Kegiatan 2 : Menyebutkan nama sendiri, jenis kelamin,
nama orang tua
|
Anak
|
Percakapan
|
131
|
|
|
|
|
|
Kegiatan 3 : Menyanyikan lagu kawih sunda
|
Guru dan Anak
|
Percakapan
|
|
|
|
|
|
|
III. Istirahat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP makan bersama, bermain, SOP toileting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Penutupan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bercakap-cakap tentang kegiatan hari ini
|
Guru dan Anak
|
Percakapan
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Kelompok :
A
Semester/Minggu ke :
1/1
Tema/Sub
Tema/Sub-sub Tema : PAI
Hari/Tanggal : Jum`at,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALAT/BAHAN
|
ALAT PENILAIAN
|
KD
|
HASIL PENILAIAN
|
KET
|
||||
*1
|
*2
|
*3
|
*4
|
*5
|
|||||
SOP Penyambutan
Anak
|
SOP penyambutan anak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Pembukaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP Pembukaan
|
SOP pembukaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membiasakan diri mengucap salam
|
Guru dan Anak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II. Inti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Mengamati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Anak mengamati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menanyakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Anak didorong untuk bertanya tentang objek yang diamati
dan untuk menjawab pertanyaan itu, guru mendorong anak lain untuk menjawabnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Mengumpulan informasi, menalar dan mengkomunikasikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru merespon pertanyaan anak dengan melengkapi
jawabannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan
anak pada hari ini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP
Pengelolaan Proses Belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
1 : Mengenal adab makan dan minum
|
Guru dan Anak
|
Penugasan
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
2 : Menirukan huruf Hijaiyah
|
LKA, Pensil
|
Penugasan
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
3 : -
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. Istirahat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP makan bersama, bermain, SOP toileting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Penutupan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bercakap-cakap tentang kegiatan hari ini
|
Guru dan Anak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP Recalling, SOP Penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
Kelompok :
A
Semester/Minggu ke :
1/1
Tema/Sub
Tema/Sub-sub Tema : Puncak Tema
(Menempelkan fhoto dan nama anak)
Hari/Tanggal : Sabtu,
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALAT/BAHAN
|
ALAT PENILAIAN
|
KD
|
HASIL PENILAIAN
|
KET
|
||||
*1
|
*2
|
*3
|
*4
|
*5
|
|||||
SOP Penyambutan
Anak
|
SOP penyambutan anak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Pembukaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP Pembukaan
|
SOP pembukaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bercakap-cakap tentang Kegiatan pagi hari
|
Guru dan Anak
|
Percakapan
|
|
|
|
|
|
|
|
Senam ria anak Indonesia
|
Tape recorder
|
Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
II. Inti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Mengamati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Anak mengamati fhoto sendiri
|
fhoto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Menanya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Anak didorong untuk bertanya tentang objek yang diamati
dan untuk menjawab pertanyaan itu, guru mendorong anak lain untuk menjawabnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Mengumpulan informasi, menalar dan mengkomunikasikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru merespon pertanyaan anak dengan melengkapi
jawabannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan
anak pada hari ini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP
Pengelolaan Proses Belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
1 : Menempelkan fhoto anak
|
Fhoto, lem
|
Penugasan
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
2 : Menuliskan nama anak sendiri
|
Alat tulis
|
Penugasan
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan
3 : -
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. Istirahat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP makan bersama, bermain, SOP toileting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Penutupan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Melakukan opsih diruang kelas
|
Guru dan Anak
|
Unjuk Kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP Recalling, SOP Penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment