Thursday 27 September 2018

materi pkn



JAWABAN BAB  6

1.      Persatuan dan kesatuan sebagai satu bangsa dan negara Indonesia merupakan elemen kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang paling penting. Tanpa adanya persatuan, kita tidak bisa dapat hidup sebagai suatu bangsa. Adapun tugas untuk menjaga persatuan sebagai suatu bangsa tidak hanya bergantung kepada pemerintah semata. Sebagai bangsa Indonesia, kita semua memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga persatuan NKRI.

2. Makna utama wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia adalah dapat mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur 

3.      - kerja sama bangsa indonesia
  - saling menghargai dan menghormati
  - tidak adu domba

4.  Antara lain adalah :

a.       indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
b.      Republik Indonesia adalah Negara pertama yang
lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada
tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di
dunia.
5. - mengenal, mempelajari dan menggunakan produk-produk lokal, termasuk juga budaya lokal dan hal-hal yang berhubungan dengan budaya Indonesia, seperti menggunakan, mempelajari dan mendalami berbagai hal yang berkaitan dengan batik.
- mengembangkan sikap-sikap atau karakter bangsa yang sesuai dengan apa yang tercantum di Pancasila



6. Perilaku yang menumbuhkan persatuan dan kesatuan
a.       Berteman dengan siapa saja.
b.      Bersikap dan berperilaku dengan penuh tenggang rasa dan toleransi.
c.       Membantu teman yang kesusahan dalam konteks hal yang baik.
d.      Menyumbangkan harta kita kepada orang-orang yang membutuhkan.
e.       Bersikap merendah dan tidak sombong terhadap orang lain.
            Perilaku yang merusak persatuan dan kesatuan

a.       Bersikap sombong, apatis, dan tidak menghormati orang lain.
b.      Tidak menjalankan peraturan, adat istiadat, dan norma yang berlaku dengan baik dan kesungguhan.
c.       Melakukan diskriminasi maupun berperilaku SARA.
d.      Tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti gotong royong, kerja bakti, Siskamling, Pemilu, rapat, dsb.
e.       Memiliki sikap individualisme yang sangat tinggi.
f.       Mementingkan dirinya sendiri / golongannya sendiri di atas orang lain yang lebih membutuhkan.


JAWABAN SOAL BAB 5

1.      POSISI SILANG INDONESIA DARI ASPEK KEHIDUPAN SOSIAL
Selain dari aspek kewilayahan, posisi silang Indonesia juga dapat ditinjau dari aspek kehidupan sosial. Berikut beberapa aspek kehidupan sosial Indonesia yang terkait dengan posisi silang negara kita:

a.       Penduduk Indonesia berada persis di tengah-tengah antara wilayah terpadat di utara dan terjarang di belahan selatan.
b.      Ideologi kita, Pancasila, tidak memihak ideologi manapun atau persis di tengah ideologi komunisme di utara serta liberalisme di selatan.
c.       Demokrasi Pancasila yang kita terapkan juga berada di tengah-tengah (tidak memihak) antara demokrasi rakyat absolut dan liberal.

d.      Ekonomi Indonesia berada di pertengahan sistem ekonomi kapitalis di selatan dan sosialis di utara.
e.       Masyarakat kita berada di tengah-tengah masyarakat individualis di selatan serta sosialis di wilayah utara.
f.       Kebudayaan kita persis berada di tengah-tengah (mengalami percampuran) antara budaya barat di selatan dengan timur di utara.
g.      Sistem hankan negara kita terdiri dari pertahanan darat (mayoritas) di utara dan maritim (mayoritas) di selatan.
2.      Indonesia terletak pada posisi yang startegis yaitu terletk anatara 2 benua yaitu benua asutralia dan benua asia. Juga terletak antara 2 samudra yaitu samdra fasifik dan hindia. Letak yang staretgis ini yang menjadikan Indonesia ramai menjadi jalur perdagangan. Banyak negara yang singgah ke Indonesia atau transit di Indonesia. Hal ini sedikit banyak mengekspose keberadaan Indonesia yang kaya dengan sumber daya alam, lautannya kaya.
Namun kondisi ini bukan sesuatu yang tanpa dampak negatif, tapi juga tetap harus diimbangi wawasan Nusantara oleh masyarakat Indonesia, untuk mau menjaga integritas negaranya.
Hal ini dikarenakan kondisi Indonesia yang semakin terekspose menjadikan banyak gangguan yang sering datang di Indonesia, contohnya :
a.       Banyaknya negara yang mengklaim wilayah Indonesia sebagai wilayahnya, bahkan pulau sipadan dan ligitan telah lepas dari wilayah kekuasaan Indonesia
b.      Rawan terjadinya pencurian ikan di wilayah perairan laut Indonesia yang dilakukan oleh para nelayan dari luar negri. Mereka masuk wilayah batas tanpa meminta izin
c.       Posisi silang Indonesia menjadikan semakin mudahnya budaya globalisasi masuk, jika bangsa Indonesia kurang memiliki filter, maka pergeseran nilai dapat terjadi. Nilai pancasila dan UUD 1945 dapat tergantingn dengan faham-faham dari luar
3.      Globalisasi, arus teknologi yang berjalan semakin cepat setiap harinya membuat segala kebutuhan manusia tergantung pada adanya teknologi, dalam ketergantungan tersebut suatu bangsa akan kehilangan tugas utamanya sebagai penyedia keamanan bagi seluruh warganya yang berdampak pada pertahanan bangsa tsb.
4.      Karena ada faktor KKN, Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme. 3 hal tersebut yang menyebabkan Ideologi pancasila kurang aman
5.      Saya akan mengambil sikap untuk memisahkan tawuran tersebut karena akan merugikan banyak orang yang menjadi korban akibat tawuran.

JAWABAN SOAL BAB 4

1.      Perdamaian dunia akan mendorong terciptanya stabilitas dalam sebuah negara. Dengan adanya stabilitas, para pelaku ekonomi dan segenap komponen bangsa dapat dengan nyaman dan tenang melakukan kegiatan yang pada akhirnya akan berdampak pada kemajuan negara tersebut dalam berbagai sisi.
2.       Antaralain :
a.         Secara tidak langsung, Indonesia ikut menciptakan perdamaian dunia melalui kerja sama dalam konferensi Asia Afrika, ASEAN, maupun Gerakan Non Blok.
b.         Pada tahun 1985 Indonesia membantu PBB yakni memberikan bantuan pangan ke Ethiopia pada waktu dilanda bahaya kelaparan. Bantuan tersebut disampaikan pada peringatan Hari Ulang Tahun FAO ke-40.
c.         Indonesia pernah dipilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada tahun 1973-1974.
d.        Berdasarkan Frago (Fragmentery Order) Nomor 10/10/08 tanggal 30 Oktober 2008, penambahan Kontingen Indonesia dalam rangka misi perdamaian dunia di Lebanon Selatan.
e.         Peran serta Indonesia dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan social
3.      Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki sikap politik luar negeri bebas dan aktif yang dimana negara Indonesia tidak akan memihak siapapun di dunia ini dan Indonesia akan selalu aktif dalam kegiatannya melakukan perdamaian dunia.Selain itu, apabila kita melihat naskah dari pembukaan Undang Undang Dasar 1945 pada alinea pertama ditemukan sebuah kalimat dimana Indonesia menyatakan bahwa "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan". Pada kedua hal tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi sangatlah pro-aktif dalam melakukan kegiatan perdamaian dunia yang dilakukan bersama dengan negara-negara lainnya yang dimana tergabung pada sebuah organisasi.
4.      Antara lain adalah
Faktor internal = ketakutan negara-negara untuk mendapatkan intervensi dari negara lain baik melalui kudeta atau pun hal-hal lain, sehingga mereka mengadakan hub internasional untuk menjamin kelangsungan negara tanpa intervensi tersebut.
Faktor ekternal =
- Hukum alam bahwah suatu negara tidak bisa hidup sendiri
- Untuk menjalin komunikasi dengan negara lain
- Untuk menciptakan kedamaian dan kesehjahteraan masyarakat dunia
- Untuk menyelesaikan masalah yang timbul antar negara .
5.    adalah  sebagai berikut :
  Menurut Pasal 1 Angka 1 UU Nomor 37 Tahun 1999 Tentang Hubungan Luar Negeri, Hubungan luar negeri adalah setiap kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional yang dilakukan oleh Pemerintah di tingkat pusat dan daerah, atau lembaga-lembaganya, lembaga negara, badan usaha, organisasi politik, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, atau warga negara Indonesia.
   Hubungan luar negeri berupa kerja sama sendiri setidaknya memiliki 3 bentuk, diantaranya kerja sama bilateral, kerja sama regional, dan kerja sama multilateral. Berikut kakak ulas 3 bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia beserta contohnya.
1.    Kerja sama Bilateral.
Kerja sama bilateral merupakan kerja sama yang hanya dilakukan antar 2 negara. Contohnya : 
-          Kerja sama Indonesia dengan Brunei Darussalam dalam bidang perdagangan ekspor impor.
-          Kerja sama Indonesia dengan Thailand dalam bidang pengembangan pertanian dan produksi pertanian.
-          Kerja sama Indonesia dengan Amerika serikat dalam bidang politik, pertahanan dan keamanan, perdagangan, investasi, wisata, pembangunan, energi, lingkungan, ketahanan pangan, kemaritiman, pasukan perdamaian, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan dialog antar agama.

2.    Kerja sama Regional.
Kerja sama regional merupakan kerja sama yang terjalin antar negara yang terletak dalam satu wilayah maupun kawasan. Contoh yang dilakukan Indonesia ialah bergabung dan aktif dalam  : 
- ASEAN
- AFTA
- APEC
- MEA
- ADB
- OPEC
- APO
- SPF
3.    Kerja sama Multilateral.
Merupakan kerja sama yang dapat dilakukan 2 maupun lebih negara tanpa dibatasi kawasan dan wilayah. Contoh yang dilakukan Indonesia ialah bergabung dan aktif dalam : 
- PBB
- OKI
- APEC
- GNB
- G-20
- IMF 
- IFC 
- IBRD 
- IDA 
- WTO 
- FAO 
- ILO 
- World Bank 
- UNDP 
- OECD 
- UNIDO 
- MIGA 
- GATT 
- ICSID 
- APO 
- WHO

No comments:

Post a Comment

contoh surat jual beli tanah

SURAT JUAL BELI MUTLAK TANAH SAWAH Yang bertanda tangan di bawah ini masing-masing bernama Odah, tempat di kampung  ......... Rt 02...