Friday 29 January 2016

pengaruh budaya budha dalam seni sastra dan agama



Pengaruh Kebudayan dalam seni sastra dan mengenal aksara
Bangsa indonesia telah mengalami pembaruan yang sebelumnya prasejarah menjadi sejarah
Akultrasi budaya paling mudah kita lihat dalam bentuk kesenian seperti seni rupa, seni sastra dan seni bangunan yang merupakan unsur kebudayan material.
1.      Bukti pertama yang menjadi rujukan dari pengaruh kebudayan hindu budha ialah tonggak kaul dari batu yang goreskan kalimat-kalimat dengan tulisan palawa dan berbahasa san sekerta. Yang didirikan sekitar abad 4 masehi di kalimantan timur oleh kerajaan kutai martadipura dari hasil tonggak batu yang ditemukan berhasil diterjemahkan bahwa raja munawarman melakukan upacara korban yang di pimpin para brahmana.
2.      Bukti aksara lainnya ditemukan Di jabar di daerah Sungai cisadane beberapa tulisan yang di goreskan pada bebatuan

Seni Sastra
-          Pada masyarakat jabar di kenal sebagai lakon wayang yang diangkan dari bagian kitab ramayana dan mahambarata
-          Seni sastra pada jaman majapahit di bawah raja hayam wuruk. Tulisannya tidak ditulis pada batu tetapi pada daun lontar atau yang disebut kropak contohnya kitab para raton,kitab negara kertagama (empu Prapanka),kitab sair sutasoma (empu tantular),kitab-kitab cerita kidang.
Akultrasi di bidang sastra dapat dilihat dengan adanya modivikasi cerita-cerita asli india dengan tokoh indonesia serta peristiwa yang seolah-olah terjadi di indonesia contohnya penambahan tokoh munawakawan (Semar, bagong,gareng,petruk) dalam kisa mahabarata.
Pengaruh kebudayaan india yang dipertahankan dalam kesastraan adalah gagasan, konsep, dan pandangan-pandangannya.
1.      Kitab arjuna wihaha (empu kanka)
2.      Kitab samaradana (empu darmaja)
3.      Kitab baratyuda (empu sedah dan panuluh )
4.      Kitab sumanasantaka (empu managuna)
5.      Kitab gatutkacasraya (empu panuluh)
6.      Kitab hariwangsa (empu panuluh )
7.      Kitab kresnayana (empu triguna )
8.      Kitab arjuna wijaya (empu tantular )
Hasil karya sastra  yang dipengaruhi oleh budaya budha adalah kitab sanghyang kamaha yamika  yand disusun pada jaman pemerintahan empu sindok
4.  pengaruh kebudayaan hindu budha dalam kepercayaan di indonesia
Sebelum masuknya agama hindu budha di indonesia masyarakat indonesia menganut sistem kepercayaan  animisme dan dinamisme, tetapi setelah datangnya agama tersebut masyarakat indonesia menganut agama hindu budha .
a.       Agama hindu
Agama hindu memperkenalkan konsep tentang dewa-dewa pada masyarakat indonesia yaitu tiga dewa utama yang dipuja oleh masyarakat :
1.      dewa brahmana : sebagai pencipta
2.      dewa wisnu : sebagai pemelihara
3.      dewa siwa : sebagai perusak
tiga dewa tersebut dinakan trimurti yang berarti mahakuasa umat hindu beranggapan bahwa, tempat suci adalah tempat bersambungnya para dewa sehingga umat hindu terbiasa mengadakan jiarah kesejahtraan bagi umat di dunia.
b.      Agama budha
Pembawa ajaran budha  adalah Sriharta Gautama (563-486 SM) putra Mahkota dari raja Sudadarma dari kerajaan Koswa di kapitanastu para pemeluk agama budha.agama budha tidak mengenal kasta, mereka sama-sama mengamalkan ajaran budha yang disebut darma .
1.      Mahayana mengajarkan tentang mengembangkan sikap kebijaksanaan dan weras asih
2.      Hinayana mengajarkan tentang mencapai nirom sangat bergantung pada usaha sendiri melakukan me aitaji
Agama budha berpedoman kepada kitab Tripitaka menggunakan bahasa pali yaitu winayapitaka,sultan rapikara, abdi darma pitaka.

No comments:

Post a Comment

contoh surat jual beli tanah

SURAT JUAL BELI MUTLAK TANAH SAWAH Yang bertanda tangan di bawah ini masing-masing bernama Odah, tempat di kampung  ......... Rt 02...